Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis Tanggal 21 Agustus 2019

Guru Zuhdi Biografi Singkat

Guru Zuhdi dilahirkan di Alabio pada hari kamis tanggal 10 Februari 1972 Masehi atau bertepatan dengan 24 Dzulhijah 1391 Hijriah. Guru Zuhdi adalah anak dari KH. Muhammad bin H. Jaferi Al Banjari (Pimpinan Pondok Pesantren Al Falah periode 1986 - 1993). Ayah beliau adalah sahabat Abah Guru Sekumpul (KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani) dan juga murid dari KH. Anang Sya’rani Arief. Guru Zuhdi sempat belajar di Pondok Pesantren Al Falah selama 2 bulan. Karena Guru Zuhdi sering sakit, maka beliau berhenti belajar dan melanjutkan belajar ilmu agama dengan Kakek beliau di Alabio. Ketika Kakek beliau meninggal dunia, Guru Zuhdi kembali ke Banjarmasin dan belajar dengan Ayah beliau sendiri yaitu KH. Muhammad. 

Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis Tanggal 21 Agustus 2019
Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis Tanggal 21 Agustus 2019
Guru Zuhdi juga melanjutkan belajar ilmu agama dengan KH. Muallim Syukur Teluk Tiram Banjarmasin. Setelah KH. Muallim Syukur meninggal dunia, Guru Zuhdi diserahkan kepada Abah Guru Sekumpul (KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani). Abah Guru Sekumpul pernah berkata kepada Ayah Guru Zuhdi bahwa “Muhammad, kamu mau taukah? Anak kamu ini nanti lebih alim dari pada kamu. Inilah biografi Guru Zuhdi secara singkat yang bisa saya tuliskan di blog ini, agar selalu menambahkan kecintaan kita kepada Guru Zuhdi.

Majelis Ta’lim Guru Zuhdi Banjarmasin dikenal orang diseluruh Banjarmasin pada khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya. Sesuai dengan Perkataan Abah Guru Sekumpul terbukti sekarang ini dengan kasyaf beliau. Alhamdulillah,

Jadwal Majelis Guru Zuhdi Banjarmasin

Guru Zuhdi mempunyai beberapa jadwal majelis ta’lim yang diadakan secara umum dalam seminggu. Jadwal majelis Guru Zuhdi dimulai pada hari selasa hingga malam ahad. Adapun jadwal majelis Guru Zuhdi adlah sebagai berikut :
  • Pengajian Guru Zuhdi Selasa Sore Komplek. Citra Graha Banjarmasin
  • Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis Pondok Indah Teluk Dalam Banjarmasin
  • Pengajian Guru Zuhdi Malam Jum’at Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin
  • Pengajian Guru Zuhdi Malam Sabtu Belakang Masjid Jami Banjarmasin (Rumah Guru Zuhdi)
  • Pengajian Guru Zuhdi Malam Minggu Masjid Jami Banjarmasin

Sekarang ini kita juga bisa mengakses ceramah video Guru Zuhdi live di website resmi organisasi MAJTA atau melalui beberapa akun youtube dan aplikasi majelis ta’lim lainnya. Ada beberapa website yang juga menyediakan ceramah Guru Zuhdi mp3 yang bisa didownload secara gratis untuk kita simpan sebagai bahan mutholaah kitab. Pengajian Guru Zuhdi terbaru bisa diakses secara penuh di website resmi organisasi MAJTA, kalian bisa menonton dan mengulang kaji semua pengajian Guru Zuhdi diwebsite tersebut nantinya.

Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis tanggal 21 Agustus 2019 (Intisari Ceramah) 

Rasulullah pernah bersabda : 3 perkara org pasti ada punya akan 3 perkara ini. Yaitu :

1. Menyangka manusia
2. elihat sesuatu dari tanda tanda. Manusia secara umum akan memperkirakan akan tanda2 itu.
3. Melihat org berhasil biasanya tidak nyaman hati, ingin juga seperti itu. 

3 macam tadi ada solusinya hingga kita tdk berdosa. Jika kamu prasangka menguasai kamu. Jangan langsung menuduh. Curiga itu wajar manusia. Jangan langsung menuduh. Apalagi menyebut orang pasti. 

Jika orangtua masa2 umur saat 40 sd 45. Saking sayangnya dengan anak. Kadang beliau akan curiga dan menuduh macam2. Anak dituduh terus hatinya tidak tenang hingga anak berontak. Karena kita ini sembarang menuduh. Kalo diomeli org tua. Jadikan itu pelajaran pada saat kita nanti berumah tangga. Pandang itu mengajari sebagai org tua. Bahwa nanti kita nanti jangan langsung menuduh. Hati ttp memuliakan org tua. Karena pandangan kita positif.
Jangan memandang org tua menuduh dan mengomeli tapi pandang beliau mengajari kita agar kita nanti lebih baik. Dan kita pun membijaki. Kita yang harus paham dengan mereka. Bekalah aja dengan orang tua. Karena orang tua saking sayangnya. 

Apabila ada tanda2 yg tidak bagus. Jangan dipastikan terjadi. Itu jalan keluar. Berserahlah kepada Allah. Hingga diberi Allah jalan keluar. 

Jika hati melihat org berhasil rasa kada nyaman jangan mendoakan nikmat org hilang. Jadi turuti. Jadi semua itu manusiawi. Yang penting jangan berbuat zalim dengan mendoakan org yg tidak2. Karena itu telah melampaui batas. Jika tidak bisa juga menuruti. Maka pandanglah Allah yang paling kaya. Ridhoi Allah yang kaya sebagai Allah. Jadi wajar ja. Pandang orang yg kaya itu kisah Allah. 

Di riwayat lain yang 3 tadi hampir semua manusia kena. Jangan menyangka org macam2 karena yang memastikan segala sesuatu itu Allah. Jadi jangan ada kata pasti tapi InsyaAllah. Jika menyangka jangan menuduh. Sebelum ada tanda dan bukti. Jika ada pikiran negatif itu kada usah dilayani. Takutnya nanti salah. Jadi lebih baik diam. 

Akan merayap pda kalian akan penyakit ummat dahulu pd kalian. Yang akan terus menyerang hati kalian yaitu hasad (tidak senang melihat org berhasil) karena sihir dunia. Satu virus dari dunia yaitu selalu merasa kurang. Dunia ini semakin dikejar semakin ia laju. 

Cara selamat dari sihir dunia yaitu jangan merasa kurang yaitu memandang bahwa kita ini selalu diperhatikan Allah saja. Jadi jagalah selalu hati dri rasa kurang. Jadi berapa ada duit, jangan lebih dari itu kehendak kita. Kita tidak akan berhenti mengejar dunia kecuali tanah menutupi mulut kita. 

Kita diserang oleh kebencian2 karena persaingan (hubbud dunia). Oleh karena itu hasad melahirkan kebencian, marah, perperangan, perkelahian dan segala2nya.

Tetap rasakan "ADA AJA NIKMAT ALLAH DIDIRI KITA, JANGAN ADA PERASAAN KURANG DIDALAM HATI KITA"

Kebencian yang datang atas keberhasilan orang. Siapa ingin pujian itu berarti dunia dan org yg ingin pujian itu menyebabkan penyinggungan. 

Dialah alat yang mencukur dan menghabiskan segala2nya. Yang diguntingnya adalah agama dan keimanan. Karena ketika kita benci dengan org berarti kita benci dengan keputusan Allah. Ini bisa membuat iman tergoncang. 

Tidak akan masuk sorga org itu kecuali mereka bujur2 menjaga iman dan beriman kepada Allah. Modal masuk sorga adalah iman. Jika hasad memotong iman maka tdk bisa masuk sorga. Tidak benar iman seseorg kecuali ia bahagia melihat org lain sukses. Kebahagiaannya adalah saat org lain bahagia. 

Org beriman itu bagaimana Allah n Rasulullah ridho walaupun hidupnya penuh dengan derita. Walau bagaimana pun asal org lain senang. Kata Ummana Khadijah "Aku tidak memikirkan lagi bagaimana hatiku senang, aku ingin memikirkan bagaimana hati Rasulullah senang"

Apakah kamu ingin amalan ketika mrlihat org senang kita juga senang. Maka selalu mulutmu berzikir dan berdoa. Mudahan orang sukses dan berhasil.
Selalu berdoa untuk orang lain : MUDAHAN SUKSES DAN BERHASIL. SELALU DOAKAN ORG SELAMAT DAN BAHAGIA. OTAK SELALU MEMIKIRKAN BAGAIMANA AGAR ORG BAHAGIA. 

Kadang2 hasad kita anggap visa merubah takdir, dengan cara menggagalkan keberhasilan orang. Tetap aja tidak akan bisa. Sehebat apapun org hasad tidak akan pernah berhasil merubah takdir. 

Jika kita diiri orang berarti ada nikmat yang ada didalam diri  kita. Biarkan aja org iri. Lebih baik kita mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah.
Giringi aja apa ketentuan Allah insyaAllah ada aja baiknya.
Sabda Rasulullah "akan datang masanya pd ummatku penyakit ummat dulu. Yaitu : penyakit yg menyerang akan ummat Ku, yaitu : 

1. Kufur nikmat (tidak menghargai lagi akan yg ada : tidak mensyukuri apa yg ada)
2. Dapat nikmat dibawa bersenang senang (dosa n maksiat)
3. Hidup selalu bersaing (ingin selalu lebih) pada urusan keduniaan. Lalu timbul lah permusuhan.
4. Semua dialam ini melewati batas normal, maka akan terjadi peperangan yg besar.
Jadi jika ingin masyarakat aman, keluarga aman. Maka jangan berebut dunia.

Penutup

Pengajian Guru Zuhdi ini berisikan intisari catatan dari pesan Guru Zuhdi bagi penulis pribadi. Penulis hanya mencatat hal penting bagi penulis dalam pengajian Guru Zuhdi. Nasehat Guru Zuhdi sangat banyak dalam setiap kalam hikmah ceramah Guru Zuhdi. Penulis mencatat ceramah Guru Zuhdi sebagai ingatan untuk penulis pribadi, karena ketika hanya mendengar nasehat Guru Zuhdi kadang penulis akan lupa saat tiba dirumah. Mungkin penulis tidak bisa mencatat semuanya pada saat mendengarkan ceramah Guru Zuhdi. Maka penulis memohon ampun, halal, dan ridho dunia akherat.

Di blog ini, penulis memohon ampun dan rela menggunakan foto Guru Zuhdi yang penulis ambil dari google. Penulis mendesain ulang foto Guru Zuhdi untuk memberikan rasa hormat kepada Guru Zuhdi. Penulis hanya orang biasa yang ingin menyimpan setiap catatan kalam hikmah dari kata kata Guru Zuhdi yang mulia. Kalam Guru Zuhdi akan senantiasa diingat  didalam berbagai masalah kehidupan kita. Nasehat Guru Zuhdi sangat penting bagi penulis untuk selalu dicatat dan diingat, banyak manfaat dari Pesan Guru Zuhdi bagi kehidupan kita sesuai kitab kitab yang Guru Zuhdi ajarkan.

Bagi penulis kata kata mutiara Guru Zuhdi sangatlah penting untuk memberikan jawaban dalam setiap permasalahan hidup. Guru Zuhdi selalu berwasiat kepada kita semua agar senantiasa mencari jawaban hidup dalam ilmu agama. Insya Allah Penulis akan selalu menuliskan catatan ceramah Guru Zuhdi terbaru, jika penulis tidak ada aral untuk hadir didalam majelis beliau. Penulis minta ampun, halal, dan ridho jika ada kesalahan.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam 18 Ramadhan (22 Mei 2019)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam 27 Ramadhan (31 Mei 2019)