Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (3 Juli 2019)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (3 Juli 2019)

Catatan ceramah Guru Zuhdi ini berisikan intisari dari pesan Guru Zuhdi bagi penulis pribadi. Penulis hanya mencatat hal penting bagi penulis dalam pengajian Guru Zuhdi. Nasehat Guru Zuhdi sangat banyak dalam setiap kalam hikmah ceramah Guru Zuhdi. Mungkin penulis tidak bisa mencatat semuanya pada saat mendengarkan ceramah Guru Zuhdi.

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (3 Juli 2019)
Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (3 Juli 2019)
Penulis mencatat ceramah Guru Zuhdi sebagai ingatan untuk penulis pribadi, karena ketika hanya mendengar nasehat guru zuhdi kadang penulis akan lupa saat tiba dirumah. Catatan ceramah Guru Zuhdi ini diambil dari beberapa pengajan Beliau, seperti : Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis di Pondok Indah Teluk Dalam, Pengajian Guru Zuhdi Malam Jum’at di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, Pengajian Guru Zuhdi Malam Sabtu di Rumah Guru Zuhdi Sungai Jingah, Pengajian Guru Zuhdi Malam Ahad di Mesjid Jami Sungai Jingah, dan Pengajian Guru Zuhdi Bulan Ramadhan.

Intisari Ceramah Guru Zuhdi Malam Kamis (3 Juli 2019)

Allah itu Rauf, selalu memberikan yg mudah bukan memberikan yg susah atau membebani. Diantaranya Allah menyuruh sesuatu yg diwajibkan penuh dgn kasih sayang dan kebijakan.

Allah itu suka org yg dlm ucapan, keputusan, dan perbuatan mengambil yg mudah. Kda hantam beramuk. Dan Allah akan memberikan atas kasih sayang dan lemah lembut td akan kebaikan yg tdk diberikan Allah keberhasilan kalo dgn cara yg keras dan kasar. 

Ini lah nasehat Rasulullah untuk selalu menggiring kehidupan.
Kalo kd pemahaman maka kita pengarasan, selalu mengarasi apa yg kita hendaki ja. Jdi ikuti ja jalan org. Jangan mengarasi. Dia memutuskan sesuatu masalah sesuai dgn keadaan dan fakta. SEMUANYA MENGGIRING FAKTA, TIDAK PNYA KEPENTINGAN PRIBADI. 

Org yg pnya kepentingan pribadi, sukanya dinilai makhluk. Ambungan. Krn gengsi menyebabkan sombong krn ada kepentingan diri. Berarti ia masih kd kw mengalahkan kehendak dirinya (mnta dipuji n disanjung). Ingatakan BEKEKALAH. 

Org yg menggiring bahasanya lemah lembut tidak memaksakan kehendak. Misal sangkal kanak2 kda kwa menggawi pdhal ia lupa bhwa kanak2 ini tdk pnya kemampuan baik scra jasad n rohani. Dipaksa menggawi. Mungkin ia menggawi tapi terpaksa. Mengarasai tpi kd sesuai aturan sprti kasar dan memaksa. Andai berhasil maka ujungx mgkin berubah. Berbeda dgn org yg memggiring keadaan.

LEMAH LEMBUT MAKA DIBERIKAN HAJAT KEBERHASILAN PERMANEN. TIDAK DIBERIKAN KEBERHASILAN BAGI ORG YG KASAR N PENGARASAN. 

Mari kita menyuruh dan memerintah dgn Kasih n Sayang.Jangan sampai dihati ini berpikir n berpendapat AKU YG HARUS DITAATI N DIIKUTI. yg didukung harusnya pendapat Allah. Agar ia taat ama Allah. Bukan taat n measi kita.

Dalam mendidik anak :
1.Anak itu dididik untuk measi n taat kpd Allah bukan measi kehendak kita. Jika iya taat maka senang kita. Jika org tua yg ujub sifat Amar Ma'ruf Nahi Munkar krna niatnya agar measi n taat wan kuitan. Buktinya saat anak tdk menurut, marah wan bemamai. Krn tesalah diawal niatnya mengarasi utk kepentingan diri pribadinya sendiri. 

Selalu hati penuhi dengan pengertian bahwa org ini tidak tahu.
Jangan mengurusi hal ihwal org aplgi tdk tahu kesahnya. Biar Allah yg mengatasinya dan menjawabnya. Jadi jangan memastikan org lain berbuat salah. 

Hati hati dgn kira kira karena kira kira bisa mencelakakan kamu keneraka.
SELALU MUNGKIN AKAN YG BAGUS2. Jangan kau pastikan kalau modal mu kira. Kalo kita mengurusi hal ihwal org dgn kira2 maka kamu bisa salah. 

2. Menyuruh siapapun sambil menggiring sprti itu cara Allah kpd hambanya. Jalam keluar paling pas adalah lemah lembut. Allah akan wujudkan akan keberhasilan dgn lemah lembut. Dan Allah tdk akan wujudkan keberhasilan dgn kekerasan krn akhirnya terpaksa. 

Binian sifatnya : Harus ada, mun kadada kada terima (sifat umum) krn byk kehendak. 

Lelakian sifatnya : Berkehendak tapi jika tdk kabul maka dipikirkannya dan disudahinyaa saja. 

Jarang binian mengetahui kebijakan krna yg byk dlm dirinya kehendak. Jika ada wanita yg bijak maka binian itu hebat krna akal nya 1 mamou mengalahkan 9 kehendaknya. Inilah yg sholehah. (YANG MAU KURANG LEBIH)

Didiklah anak untuk lemah lembut didik dengan akhlak untuk mengerti dgn keadaan. Itulah manusia yg bijak. 

Silahkan berkehendak tapi selalu lah menggiring keadaan sesuai kemampuan. Jalani dgn rasa syukur kpd Allah. 

SELALU LAH MINTA AMPUNAN DAN RAHMAT KPD ALLAH.
SILAHKAN BERKEHENDAK TAPU SESUAIKAN DGN FAKTA KEADAAN. 

Penutup

Di blog ini, penulis memohon ampun dan rela menggunakan foto Guru Zuhdi yang penulis ambil dari google dan penulis desain ulang untuk memberikan rasa hormat kepada Guru Zuhdi. Penulis hanya orang biasa yang ingin menyimpan setiap catatan kalam hikmah dari Guru Zuhdi yang mulia. Nasehat Guru Zuhdi sangat penting bagi penulis untuk selalu dicatat dan diingat, banyak manfaat dari Peasn Guru Zuhdi bagi kehidupan kita sesuai Kitab yang Beliau ajarkan.

Insya Allah Penulis akan selalu menuliskan catatan ceramah Guru Zuhdi terbaru, jika penulis tidak ada aral untuk hadir didalam majelis beliau. Bagi Penulis Guru Zuhdi banjarmasin selalu memberikan nasehat dan pesan yang terbaik untuk seluruh murid murid beliau. Penulis minta ampun, halal, dan ridho jika ada kesalahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis Tanggal 21 Agustus 2019

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam 27 Ramadhan (31 Mei 2019)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam 18 Ramadhan (22 Mei 2019)