Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (26 Juni 2019)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (26 Juni 2019)

Catatan ceramah Guru Zuhdi ini berisikan intisari dari pesan Guru Zuhdi bagi penulis pribadi. Penulis hanya mencatat hal penting bagi penulis dalam pengajian Guru Zuhdi. Nasehat Guru Zuhdi sangat banyak dalam setiap kalam hikmah ceramah Guru Zuhdi. Mungkin penulis tidak bisa mencatat semuanya pada saat mendengarkan ceramah Guru Zuhdi.

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (26 Juni 2019)
Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (26 Juni 2019)
Penulis mencatat ceramah Guru Zuhdi sebagai ingatan untuk penulis pribadi, karena ketika hanya mendengar nasehat guru zuhdi kadang penulis akan lupa saat tiba dirumah. Catatan ceramah Guru Zuhdi ini diambil dari beberapa pengajan Beliau, seperti : Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis di Pondok Indah Teluk Dalam, Pengajian Guru Zuhdi Malam Jum’at di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, Pengajian Guru Zuhdi Malam Sabtu di Rumah Guru Zuhdi Sungai Jingah, Pengajian Guru Zuhdi Malam Ahad di Mesjid Jami Sungai Jingah, dan Pengajian Guru Zuhdi Bulan Ramadhan.

Intisari Ceramah Guru Zuhdi Malam Kamis (26 Juni 2019)

Bermula kata2 yg lemah lembut yg nyaman didengar menyentuh bukan memaksa. Kata2 itu td didlm sgla urusan keduniaan atau akherat itu buah dan tdk ada yg membuahkannya selain akhlak yg baik. Dan tdk akan bisa bagus akhlak seseorg kecuali iya meatur, menguasai pengarasan yg ada didlm hatinya. Krna marah adalah mengarasai kehendak sorangan. 

Cangkir pecah itu kenyataan, tapi hatinya keras kd hdk pecah. Didukung lg otakx bepikir bagus kd pecah drpd pecah. Bagi inya kehendak inya itu harus terjdi. Nah itu mengarasi. Jika kd terima dgn pecah ini didasari pandangan diatas. Ini ghodof timbul terbukti dri mulutx kasar bahkan tdk mampu menggiring takdir. Hingga Allah dilawaninya. Krn yg menentukan pecah adalah Allah. Iya tdk peduli. 

Cara mencoba menerima kenyataan. Ingatakan pasti ada bagusnya. Maka mulai itu lah api marah berkurang. Org yg bekalah dan menggiring. Maka org ini tdk akan pemarah, dan kasar. Andai pun dlm menasehati nyaman didengar. Ini yg disebut dgn KHUSNUL KHULUK. 

MAU MENERIMA FAKTA DARI PANDANGAN YG BAIK
Org yg bisa berpikir sprti ini dianggap org yg sfh akrab n dekat dgn Allah. Krn akrab dgn Allah sangat susah. Paling sulit mengerti Allah. Bahwa selalu menganggap asti ada baiknya. Hingga selalu menggiring dan menerima.
Khusnudzon paling cepat memgumpulkan seseorg dgn yg lain. 

2. Dan jangan pengarasan apa ja yg kepingin liur harus ada. Misalnya hdk bakso pokoknya harus bakso. Ini tanda tiada akhlak.
Org berakhlak : TIDAK PEMARAH DAN PEDULI DGN ORG LAIN.
Selalu memikirkan org sampai menggiring dan mengalah dgn apapun keputusan org selama tdk maksiat. 

HATI YG BERAKHLAK HATI YG TIADA EGO (TDK MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI)

Latih dari sekarang untuk MENGGIRING FAKTA.. agar saat SAKRATUL MAUT.. hati lebih nyaman.. MENGGIRING AJA SELALU..
Selalu panderi org yg Sakratul Maut.. Pian menggiring ajalah.. jangan dikarasi.. banyaki baca sholawat lah.. INGATAKAN. 

Jaga marah n syahwat tdi agar tetap normal.. mun hilang kd mungkin..
Rasulullah sangat memuji org yg selalu lemah lembut. Beliau sangat memuji org seperti itu. 

Sabda Beliau "Apabila org diberi pander menggiring bahasa lemah lembut tutur katanya nyaman didengar. Jika diberi maqam seperti itu berarti sudah diberi kepadanya kebaikan dunia akherat. Barangsiapa belum diberi akan hal itu tadi sepertinya iya sama sekali belum mendapatkan kebaikan dunia akherat"
walau pangkatnya tinggi karena ego. 

Jika Allah cinta dgn rumah tangga suatu keluarga maka keluarga itu keluarga yg penuh pengertian, menggiring keadaan, mencari yg terbaik dan kda mengarasi kehendak masing2. 

Allah akan memberi apa aja hajat jalannya dengan akhlak. Diantara akhlak yaitu lemah lembut (kda pemarah n kd pengarasan) maka Allah akan memberi apa jua pun yg tidak akan diberi Allah pda org yg pengarasan. 

Ciri Allah cinta ama seseorg cirinya org itu lemah lembut. Siapapun keluarga yg berumah tangga tidak diberi sama sekali lemah lembut maka org itu tdk diberi cinta kepadanya. 

Penutup

Di blog ini, penulis memohon ampun dan rela menggunakan foto Guru Zuhdi yang penulis ambil dari google dan penulis desain ulang untuk memberikan rasa hormat kepada Guru Zuhdi. Penulis hanya orang biasa yang ingin menyimpan setiap catatan kalam hikmah dari Guru Zuhdi yang mulia. Nasehat Guru Zuhdi sangat penting bagi penulis untuk selalu dicatat dan diingat, banyak manfaat dari Peasn Guru Zuhdi bagi kehidupan kita sesuai Kitab yang Beliau ajarkan.

Insya Allah Penulis akan selalu menuliskan catatan ceramah Guru Zuhdi terbaru, jika penulis tidak ada aral untuk hadir didalam majelis beliau. Bagi Penulis Guru Zuhdi banjarmasin selalu memberikan nasehat dan pesan yang terbaik untuk seluruh murid murid beliau. Penulis minta ampun, halal, dan ridho jika ada kesalahan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis Tanggal 21 Agustus 2019

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam 27 Ramadhan (31 Mei 2019)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam 18 Ramadhan (22 Mei 2019)