Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Jum'at (18 Juli 2019)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Jum'at (18 Juli 2019)

Catatan ceramah Guru Zuhdi ini berisikan intisari dari pesan Guru Zuhdi bagi penulis pribadi. Penulis hanya mencatat hal penting bagi penulis dalam pengajian Guru Zuhdi. Nasehat Guru Zuhdi sangat banyak dalam setiap kalam hikmah ceramah Guru Zuhdi. Mungkin penulis tidak bisa mencatat semuanya pada saat mendengarkan ceramah Guru Zuhdi.

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Jum'at (18 Juli 2019)
Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Jum'at (18 Juli 2019)
 Penulis mencatat ceramah Guru Zuhdi sebagai ingatan untuk penulis pribadi, karena ketika hanya mendengar nasehat guru zuhdi kadang penulis akan lupa saat tiba dirumah. Catatan ceramah Guru Zuhdi ini diambil dari beberapa pengajan Beliau, seperti : Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis di Pondok Indah Teluk Dalam, Pengajian Guru Zuhdi Malam Jum’at di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, Pengajian Guru Zuhdi Malam Sabtu di Rumah Guru Zuhdi Sungai Jingah, Pengajian Guru Zuhdi Malam Ahad di Mesjid Jami Sungai Jingah, dan Pengajian Guru Zuhdi Bulan Ramadhan.

Intisari Ceramah Guru Zuhdi Malam Jum'at (18 Juli 2019)

Jangan pernah merasa jd guru atau juru dakwah krn yg sebenar2 guru adalah Rasulullah. Jgn ada gretek sdkit pun kita ini guru. Krna jika merasa jd guru maka kita akan menuntut untuk mnta dipuji dan dihormati. 

Semua nasehat terkumpul didalam hadistnya Rasulullah oleh sebab itu jangan pernah merasa memberikan nasehat. Krna Rasulullah yg selalu memberikan nasehat. Kita menyampaikan bukan hukum dri kita. Kita hnya menyampaikan apa yg pernah diucapkan oleh Rasulullah. 

Apabila seseorg mengikuti apa yg kt sampaikan. Berarti ia mengikuti Rasulullah. Jika ia tdk mentaati maka dtgi Allah n Rasul. 

Siapapun yg memberi nasehat adalah ia mencontoh apa yg dinasehatkan Rasulullah. Seperti makanan yg ditaruh diwadah dan kita mengambil makanan itu. Jadi yg kita sampaikan bukan nasehat n ilmu kita. 

Aku tdk akan tersinggung dgn ejekan org lain. Aku tdk akan menanggapi dengan ejekan org lain. (Kata Syaikh Saman Al Madani). Beliau membiarkan org menyambati dan mendustakan kewalian Sidin. 

Amalkan tarus menyelamatkan org walau hnya dengan doa.
Apabila telah sampai kepadamu walau cuma satu nasehat yg dtg drpd Rasulullah maka berarti tidak perlu kamu mnta nasehat drpdku (Kata Imam Al Gazali). 

Jika belum sampai nasehat drpd Rasulullah maka beri alassn kepadaku apa yg telah engkau hasilkan dri ilmu yg kamu bertahun2 menuntut kamu tdk paham diagama. Maka itu tdk masuk akal. Berarti umur dan kesempatan waktu kamu sia2kan tanpa ada faedah. 

Pengertian tdk akan mantap sebelum kita merasakan kehidupan org lain itu.
Semua nasehat yg akan disampaikan oleh org yg akan dtg. Semua ada dlm ucapannya Rasulullah yg sdh ditulis buat alam semesta. Tiap ucapan yg pernah diucapkan.semua memberikan keselamatan dan faedah yg sempurna. 

Wahai anak ku ini ada hadistnya Rasulullah : alamat Allah tdk cinta lg kpd seorg hamba yaitu kita sibuk berurusan dgn keduniaan krn cinta kta pd dunia yg berlebih. 

Kita ja yg mengarasi mencintai dunia. Dunia tdk pernah mencintai kita. Jd hiduplah seadanya. 

Memandang kenyamana didunia utk contoh mencari kenyaman yg hakiki yaitu diakherat. Jangan sampai kdd dunia kita grasak grusuk. 

Seseorg telah terbuang satu waktu dr umurnya. melakukan satu pekerjaan yg tdk ditugaskan sama sekali. Bukan melaksanakan tugas tp behapal (mencari keduniaan dan kenyamanan) maka nanti ia akan sangat amat menyesal nantinya. 

Brgsiapa umur telah 40th dan belum lg byk kebaikannya. Malah yg byk kejahatannya maka ia itu ciri telah menyiapkan dirinya utk keneraka.
Mencari kenyamanan dunia artinya menjawab hidup selalu dengan dunia. Jdi jangan jadikan dunia sbgi jawaban hidup. Jawaban hidup itu ilmu. Brgsiapa umur 40 msh sibuk mencari dunia sbgi jawaban maka sama ia itu menyiapkan dirinya masuk kedlm api neraka. 

Jadi apapun kerjaan banyaki bersyukur krn dunia bukan jawaban. Krn jawaban kta adlh syukur. 

UMUR 40 TAHUN TAPI MASIH MENJAWAB KEHIDUPAN DENGAN DUNIA. SAMA DENGAN MENYIAPKAN DIRI MASUK NERAKA. 

Wahai anak ku menyampaikan nasehat tu mudah yg susah itu meamalkan, dan menerima meamalkan. Kenapa meamalkan itu sulit krn nasehat td bagi org yg msh lg mengikuti kehendak hawa nafsu maka org ini tdk mau diatur. Krna iya akan keras ttp keinginannya krn msh mnjdi budak hawa nafsu. 

Penutup

Di blog ini, penulis memohon ampun dan rela menggunakan foto Guru Zuhdi yang penulis ambil dari google dan penulis desain ulang untuk memberikan rasa hormat kepada Guru Zuhdi. Penulis hanya orang biasa yang ingin menyimpan setiap catatan kalam hikmah dari Guru Zuhdi yang mulia. Nasehat Guru Zuhdi sangat penting bagi penulis untuk selalu dicatat dan diingat, banyak manfaat dari Peasn Guru Zuhdi bagi kehidupan kita sesuai Kitab yang Beliau ajarkan.

Insya Allah Penulis akan selalu menuliskan catatan ceramah Guru Zuhdi terbaru, jika penulis tidak ada aral untuk hadir didalam majelis beliau. Bagi Penulis Guru Zuhdi banjarmasin selalu memberikan nasehat dan pesan yang terbaik untuk seluruh murid murid beliau. Penulis minta ampun, halal, dan ridho jika ada kesalahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis Tanggal 21 Agustus 2019

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam 27 Ramadhan (31 Mei 2019)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam 18 Ramadhan (22 Mei 2019)