Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Ahad (22 Juni 2019)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Ahad (22 Juni 2019)

Catatan ceramah Guru Zuhdi ini berisikan intisari dari pesan Guru Zuhdi bagi penulis pribadi. Penulis hanya mencatat hal penting bagi penulis dalam pengajian Guru Zuhdi. Nasehat Guru Zuhdi sangat banyak dalam setiap kalam hikmah ceramah Guru Zuhdi. Mungkin penulis tidak bisa mencatat semuanya pada saat mendengarkan ceramah Guru Zuhdi.
Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Ahad (22 Juni 2019)
Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Ahad (22 Juni 2019)
Penulis mencatat ceramah Guru Zuhdi sebagai ingatan untuk penulis pribadi, karena ketika hanya mendengar nasehat guru zuhdi kadang penulis akan lupa saat tiba dirumah. Catatan ceramah Guru Zuhdi ini diambil dari beberapa pengajan Beliau, seperti : Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis di Pondok Indah Teluk Dalam, Pengajian Guru Zuhdi Malam Jum’at di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, Pengajian Guru Zuhdi Malam Sabtu di Rumah Guru Zuhdi Sungai Jingah, Pengajian Guru Zuhdi Malam Ahad di Mesjid Jami Sungai Jingah, dan Pengajian Guru Zuhdi Bulan Ramadhan.

Intisari Ceramah Guru Zuhdi Malam Ahad (22 Juni 2019)

Sabda Rasulullah "cukup dengan maut atau mati itu pengajaran dan penjagaan (sadar)"

Mati itu kita mau atau tidak tetap mati, akhirnya mati jua maka berusahalah mau dengan mati. Krna jika tidak mau mati. Maka mati itu akan menjdi sakit. Jika mati itu terpisah maka sakit tapi jika mati itu pertemuan dengan org yg kita sayangi. Maka mati itu nyaman. Sebab itu hendaklah kita mencintai akherat lebih dari dunia. 

Tapi jika kita cinta dunia maka mati itu memaksa kta utk terpisah. Agar cinta dgn akherat maka gunakan lah pikiran utk tafakkur bhwa dunia ini :

1. Tidak ada yg kekal, pasti ada habis waktunya, pasti terpisah. Sedangkan arti cinta tdk mau terpisah. Maka biasakan hati utk mau berpisah. Jika ingin tdk mau terpisah maka carilah yg tidak akan terpisah yaitu : AKHERAT. maka cintailah akherat krn ia tdk memisahi agar kita tdk kecewa. Hnya akherat yg tdk memisahi. 

Disorga itu tdk ada kecewa dan sakit hati. Jangan pernah terpikir memegang dunia ini selamanya. Yg dilarang itu cinta dunia, takut terpisah dgn dunia.
Brgsiapa sdh kenal dunia ini sprti ini maka kt tdk akan pernah berkeras hati utk selalu selamanya bersama dunia. Krn kta sdh kenal bahwa dunia ini pasti akan berpisah. Jdi diri kita tdk akan terkejut jika suatu saat ditinggalkannya.
Dunia ini modal yg diharap adalah ingin nyaman diakherat. Ini modal untuk nyaman diakherat. Jd dunia kita pakai untuk kebaikan2. 

KADANG TES YG DIBERIKAN ALLAH DARI LAHIR SAMPAI KEMATI.. krn Allah ingin tahu apakah benar kita ingin akherat. Dikelola bala untuk nyaman diakherat. Sabar, tidak sangka buruk ama Allah. Semua dijalaninya. Agar bala ini menjdi modal untuk diakherat. 

Cukup kematian itu nyata kejadiannya menjdi nasehat utk kt tdk mendukung tumbuh cinta pd dunia. Maka bawalah pikiran kita pd kematian. Bhwa kita akan terpisah. 

Aku tinggalkan antara kamu itu 2 yg memberikan pengajaran. 1.sadar jangan menumbuhkan cinta kpd dunia, siapa yg guru. Guru itu memberi nasehat cinta akherat yaitu guru yg tdk berkata (maut) dan guru yg berkata (Qur'an). Qur'an itu isinya menyuruh kita jgn mencintai dunia. 

Kita jd pusang krn cinta kita salah, patah hati, sangkal, krn tecintai yg meninggalkan kita (dunia) jadi cintailah yg tdk memisahi. 

Ciri org yg beruntung adalah umur 40th keatas mealih cintax kpd akherat. Klo msh kd jua. Maka alamat rugi dunia akherat. 

Spya jgn kena sihir dunia.. YA ALLAH ULN BERSYUKUR TERUS DENGAN APAPUN YG PIAN BERI..
jgn dibiasakan berkata kpd baik kpd Allah. 

Kata Imam Al Gazali "Dan lg org yg arifillah mengingat mati itu membawa 2 faedah, cirinya lari hatinya drpd suka pd dunia, dan akhirnya cinta pd akherat. 

Penutup

Di blog ini, penulis memohon ampun dan rela menggunakan foto Guru Zuhdi yang penulis ambil dari google dan penulis desain ulang untuk memberikan rasa hormat kepada Guru Zuhdi. Penulis hanya orang biasa yang ingin menyimpan setiap catatan kalam hikmah dari Guru Zuhdi yang mulia. Nasehat Guru Zuhdi sangat penting bagi penulis untuk selalu dicatat dan diingat, banyak manfaat dari Peasn Guru Zuhdi bagi kehidupan kita sesuai Kitab yang Beliau ajarkan.

Insya Allah Penulis akan selalu menuliskan catatan ceramah Guru Zuhdi terbaru, jika penulis tidak ada aral untuk hadir didalam majelis beliau. Bagi Penulis Guru Zuhdi banjarmasin selalu memberikan nasehat dan pesan yang terbaik untuk seluruh murid murid beliau. Penulis minta ampun, halal, dan ridho jika ada kesalahan.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis Tanggal 21 Agustus 2019

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam 27 Ramadhan (31 Mei 2019)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam 18 Ramadhan (22 Mei 2019)