Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (14 Feb 2018)
Kata2 yg akan dtg ini menjelaskan mengobati dan menghilangkan marah setelah iya telah aktif dan bergelak2. Bermula penjelasan yg sdh kami sebutkan dan terangkan sebelumnya. Penjelasan itu menghilangkan bagi tempat2 tumbuhx marah dan memutus serta menghilangkan sebab2nya marah. Spya jangan sampai aktif dan bergerak2 itu simarah.
Marah itu sebab pertamanya: Sombong dihati. Kdg2 berbuat diluar akal. Memudharati kediri dan org lain. Marah yg krn nafsu yg dilarang. Penyebabnya adalah sombong.
Penyebab sombong itu misalnya ilmu.
Siapa yg sadar dirinya dibawah. InsyaAllah kd pemarah. Jd harus tawadhu. Seikung merasa rendah. Beranai to inya. Org yg bekalah. Handak baik. Krn iya merasa iya harus menuruti aturan. Siapa sombong akan berhadapan dengan pemarah.
Apabila berlaku sebab bergeraknya marah. Saat munculx marah maka ketika itu wajib punya pendirian. Spya perlu ilmu agar tdk melanjurkan marahx kpd cara yg dicela oleh agama. Harus santai tenang otak dijalankan kiyau ilmu. Paling kd ada alasan kd marah yaitu ilmu. Hanya sanya diobati marah yg timbul ketika bergerak2nya dan aktifnya dengan ilmu dan amal baik. Spy marah itu jangan benyarak. Ilmunya harus dikaji. Yg perlu diketahui 6 perkara.
1. Hendaklah dia mencoba berpikir dlu. Bbrp hadist yg akan kmi dtgkan dan kami sebutkan. Bbrp kelebihan org yg menahan marah. Bbrp kelebihan org yg suka memaafkan. Bbrp kelebihan org yg kd melanjurkan lgsg marah. Bbrp kelebihan org yg menyandang kd marah. Memilih beban kd marah drpd marah.
Lalu menghalang2ilah akan inya krn hdk mendpt pahala diatas. Hingga tercegah drpd menyakiti dan menyiksa org lain. Lalu padamlah dri dirinya yg diumpamakan api.
Sydina Umar pernah hdk marah krn ada laki2 yg meolah Sidin sarik. Lalu Sidin menyuruh pukul org itu. Lalu ada yg berkata. Wahai Amirul Mukminin. Amalkan oleh pian maaf. Menyuruh pd org bukan memukul tp yg baik2. Sidin org yg menuruti tarus apa jer Al Quran jika dibacakan pd Sidin. Dan selalu memperhatikan bnr. Lalu Sidin merenung. Lalu jer Sidin lepas haja. Ini Beliau yg tdk penyinggungan. Marah timbul tp lakas padam krn marahx tdk dicucul oleh sombong.
Pernah jua Khalifah Umar bin Abdul Aziz menyuruh hukum seorg laki2. Yg disuruh dihukum suka mengaji. Lalu dia mengaji "Allah suka org yg tdk pemarah". Lalu dilepas Sidin.
Jd carilah kawan yg kawa menyabari kita. Jgn yg memanasi.
Org yg menahani marah dicintai dan disayangi Allah. RANAI HAJA.
Mengurangi marah dgn tafakur pahala menahani marah.
2. Kita harus menakuni wan nafsu yg akan marah. Kena dimurkai Allah. Allah marah ama kita. Krn kita marah. Bhwa ia hrs berucap, berkata dan berfikir. Allah itu jika menyiksa lebih kawa. Dari kawanya aku menghukum manusia ini. Allah setumat hja. Jika Allah marah. Beranai itu unda indah dimarahi Allah. Jangan menahani haja. Harus ada pegangan yg dipegang saat menahani. Ingatakan pahala dan kd hdk dimarahi Allah. Jika kita melanjurkan marah. Bisa2 Allah pun akan melanjurkan marahnya dihari kiamat. Yg paling kita perlukan adalah maaf Allah. Maka kita pun harus memaafkan. Jd menahani harus ada alasan. Allah pernah berfirman dikitab sblm diturunkan Al Quran. Ingatakan Allah ketika kamu hndak marah. Allah pun akan maras padamu nanti. Jika mau marah pun Allah akan selalu mengingat kita dan maras.
Rasulullah pernah meutus seorg budak utk menyelesaikan satu tugas n keperluan. Sekalinya lambat bnr begawi.
Kata Rasulullah "Jaka Aku tdk sadar jika akau akan dihukum jua jika mehukum nyw. Maka ku hukum jua kamu. Sambil senyum ja Sidin.
Bahari di zaman Bani Israil ada seorg raja. Jika ada raja ada penasehat. Si penasehat ni berpesan satu ja. Jika raja marah berikan satu kertas isinya "Kamu jangan pemarah, Kamu harus beisi Rahmat dan Pemarasan. Krn semua ini miskin dan memerlukan bantuan, kasih sayang, perhatian". Sebelum marah. Tuntung2 memarasi. Maka kd pemarah lgi. Kalo mau mehitung2 nikmat Allah. Maka kamu tdk akan habis mehitung. Jd tdk akan sempat meingatkan bala. Jd bala itu tdk ada. Kd sawat mehitung.
Takutilah sesuatu setelah mati, jgn kd ingat diakherat ada balasan. RANAI EMOSI RAJA TADI. Jd melaksanakan tugas td bukan krn emosi tp krn prosedur.
Hikmat Allah meolah emosi agar kita tdk emosi.
3. Harus meingatakan, menakut2i dirinya. Akibat dr permusuhan dan perlawanan ini apa. Menyelesaikan masalah kah apa? Jika kada memyelesaikan jua. Baik jangan marah. Jalan kasih sayang. Jalan kda buntu. Jika marah tdk akan menyelesaikan masalah. Malah akibat yg burukx luar biasa. Dan terdorong oleh musuh hingga iya jd melawan krn kita memulai. Saat musuh marah iya pun berusaha memghancutkan kita. Dan jdi artinya perdebatan, behual, menguya2 dgn musibah yg terjdi. Org yg marah itu kd sunyi dr musibah. Jd harus menakut2i dirinya akibat marah itu.
Org ini kd terlalu kuat masih dlm agama. Plg kd ingatkan marah kd menyelesaikan masalah. Agar kita mengarasi syahwat kita mengalahkan ghodof.
Keuntungan menahan marah, utk pahala kd usah dibahas dlu. Yg penting kda marah kdd ruginya. Ini pembicaraan beredar dlm kepentingan2 duniawi dlu. Tentunya ia harus mengutamakan yg satu. Mengalahkan yg lain. Kecuali yg ia khawatirkan bhwasanya dlm dunia ini koo bemusuhan, behual itu mengganggu atas iya didunia utk fokusnya iya nanti pd ilmu dan amal. Kt kd marah krn klo kita marah nanti panjang kesah. Menuntut ilmu teganggu beamal teganggu. Atau sesuatu yg mendukung iya keakherat. Maka ini pun bepahala jua.
4. Iya itu sekali2 melihati dan berpikir. Bahwa marah itu kada bungas. Bahwa dia harus merenung muka org lain ketika org lain itu marah. Lebih2 iya harus merenung ghodof itu jahat dlm bentuk dlm dirinya. Dan disamakan org marah itu anjing menggonggong. Atau binatang buas yg melukai.
Marah itu sebab pertamanya: Sombong dihati. Kdg2 berbuat diluar akal. Memudharati kediri dan org lain. Marah yg krn nafsu yg dilarang. Penyebabnya adalah sombong.
Penyebab sombong itu misalnya ilmu.
Siapa yg sadar dirinya dibawah. InsyaAllah kd pemarah. Jd harus tawadhu. Seikung merasa rendah. Beranai to inya. Org yg bekalah. Handak baik. Krn iya merasa iya harus menuruti aturan. Siapa sombong akan berhadapan dengan pemarah.
Apabila berlaku sebab bergeraknya marah. Saat munculx marah maka ketika itu wajib punya pendirian. Spya perlu ilmu agar tdk melanjurkan marahx kpd cara yg dicela oleh agama. Harus santai tenang otak dijalankan kiyau ilmu. Paling kd ada alasan kd marah yaitu ilmu. Hanya sanya diobati marah yg timbul ketika bergerak2nya dan aktifnya dengan ilmu dan amal baik. Spy marah itu jangan benyarak. Ilmunya harus dikaji. Yg perlu diketahui 6 perkara.
1. Hendaklah dia mencoba berpikir dlu. Bbrp hadist yg akan kmi dtgkan dan kami sebutkan. Bbrp kelebihan org yg menahan marah. Bbrp kelebihan org yg suka memaafkan. Bbrp kelebihan org yg kd melanjurkan lgsg marah. Bbrp kelebihan org yg menyandang kd marah. Memilih beban kd marah drpd marah.
Lalu menghalang2ilah akan inya krn hdk mendpt pahala diatas. Hingga tercegah drpd menyakiti dan menyiksa org lain. Lalu padamlah dri dirinya yg diumpamakan api.
Sydina Umar pernah hdk marah krn ada laki2 yg meolah Sidin sarik. Lalu Sidin menyuruh pukul org itu. Lalu ada yg berkata. Wahai Amirul Mukminin. Amalkan oleh pian maaf. Menyuruh pd org bukan memukul tp yg baik2. Sidin org yg menuruti tarus apa jer Al Quran jika dibacakan pd Sidin. Dan selalu memperhatikan bnr. Lalu Sidin merenung. Lalu jer Sidin lepas haja. Ini Beliau yg tdk penyinggungan. Marah timbul tp lakas padam krn marahx tdk dicucul oleh sombong.
Pernah jua Khalifah Umar bin Abdul Aziz menyuruh hukum seorg laki2. Yg disuruh dihukum suka mengaji. Lalu dia mengaji "Allah suka org yg tdk pemarah". Lalu dilepas Sidin.
Jd carilah kawan yg kawa menyabari kita. Jgn yg memanasi.
Org yg menahani marah dicintai dan disayangi Allah. RANAI HAJA.
Mengurangi marah dgn tafakur pahala menahani marah.
2. Kita harus menakuni wan nafsu yg akan marah. Kena dimurkai Allah. Allah marah ama kita. Krn kita marah. Bhwa ia hrs berucap, berkata dan berfikir. Allah itu jika menyiksa lebih kawa. Dari kawanya aku menghukum manusia ini. Allah setumat hja. Jika Allah marah. Beranai itu unda indah dimarahi Allah. Jangan menahani haja. Harus ada pegangan yg dipegang saat menahani. Ingatakan pahala dan kd hdk dimarahi Allah. Jika kita melanjurkan marah. Bisa2 Allah pun akan melanjurkan marahnya dihari kiamat. Yg paling kita perlukan adalah maaf Allah. Maka kita pun harus memaafkan. Jd menahani harus ada alasan. Allah pernah berfirman dikitab sblm diturunkan Al Quran. Ingatakan Allah ketika kamu hndak marah. Allah pun akan maras padamu nanti. Jika mau marah pun Allah akan selalu mengingat kita dan maras.
Rasulullah pernah meutus seorg budak utk menyelesaikan satu tugas n keperluan. Sekalinya lambat bnr begawi.
Kata Rasulullah "Jaka Aku tdk sadar jika akau akan dihukum jua jika mehukum nyw. Maka ku hukum jua kamu. Sambil senyum ja Sidin.
Bahari di zaman Bani Israil ada seorg raja. Jika ada raja ada penasehat. Si penasehat ni berpesan satu ja. Jika raja marah berikan satu kertas isinya "Kamu jangan pemarah, Kamu harus beisi Rahmat dan Pemarasan. Krn semua ini miskin dan memerlukan bantuan, kasih sayang, perhatian". Sebelum marah. Tuntung2 memarasi. Maka kd pemarah lgi. Kalo mau mehitung2 nikmat Allah. Maka kamu tdk akan habis mehitung. Jd tdk akan sempat meingatkan bala. Jd bala itu tdk ada. Kd sawat mehitung.
Takutilah sesuatu setelah mati, jgn kd ingat diakherat ada balasan. RANAI EMOSI RAJA TADI. Jd melaksanakan tugas td bukan krn emosi tp krn prosedur.
Hikmat Allah meolah emosi agar kita tdk emosi.
3. Harus meingatakan, menakut2i dirinya. Akibat dr permusuhan dan perlawanan ini apa. Menyelesaikan masalah kah apa? Jika kada memyelesaikan jua. Baik jangan marah. Jalan kasih sayang. Jalan kda buntu. Jika marah tdk akan menyelesaikan masalah. Malah akibat yg burukx luar biasa. Dan terdorong oleh musuh hingga iya jd melawan krn kita memulai. Saat musuh marah iya pun berusaha memghancutkan kita. Dan jdi artinya perdebatan, behual, menguya2 dgn musibah yg terjdi. Org yg marah itu kd sunyi dr musibah. Jd harus menakut2i dirinya akibat marah itu.
Org ini kd terlalu kuat masih dlm agama. Plg kd ingatkan marah kd menyelesaikan masalah. Agar kita mengarasi syahwat kita mengalahkan ghodof.
Keuntungan menahan marah, utk pahala kd usah dibahas dlu. Yg penting kda marah kdd ruginya. Ini pembicaraan beredar dlm kepentingan2 duniawi dlu. Tentunya ia harus mengutamakan yg satu. Mengalahkan yg lain. Kecuali yg ia khawatirkan bhwasanya dlm dunia ini koo bemusuhan, behual itu mengganggu atas iya didunia utk fokusnya iya nanti pd ilmu dan amal. Kt kd marah krn klo kita marah nanti panjang kesah. Menuntut ilmu teganggu beamal teganggu. Atau sesuatu yg mendukung iya keakherat. Maka ini pun bepahala jua.
4. Iya itu sekali2 melihati dan berpikir. Bahwa marah itu kada bungas. Bahwa dia harus merenung muka org lain ketika org lain itu marah. Lebih2 iya harus merenung ghodof itu jahat dlm bentuk dlm dirinya. Dan disamakan org marah itu anjing menggonggong. Atau binatang buas yg melukai.
Komentar
Posting Komentar