Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Sabtu (10 Nov 2017)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Sabtu (10 Nov 2017) 

Hati ini akan menaguk kata2 yg kekuar dr ahli tasawuf. Rasa yg didapatx tergantung drpd pemahamanx. Ibarat yg keluar dr mulut mrka itu. Mksdnya. Maknanya. Kdg2 katax begaya n sederhana tp maknanya adalah makanan yg disukai banar oleh hati.
Mencarii org mati kalo ada (pahaman dekat. Tkg mayit mencarii org mati gsn dimandii) org mati tu kadada yg ada tu yg hidup ja. Yg mati tu kdd kesah. Pdhal ini kesah polos. Tp pahaman oleh ahli makrifat adalah lain. Maka itu jd makanan nyaman bagi hati mereka.
Kd kawa ai yg ngaran umpat org. Tasarah orangai. Bahasa ahli makrifat. Krn Allah ampun aturan umpatai. Hidup itu kdd masalah yg namanya tangan pastix wan muntung mun memakan. Hati itu pastix ama Allah berhubungan kda mau pang wan yg lain. Kdg2 yg menyampaikan gin kd kytu maksudnya. Tp yg mendengar lain. Yg masuk kehati org makrifat semuanya makrifat. Jd bagus beisi hati kaya ini. APA AJA PANDERAN ORG. HATI SELALU KE ALLAH.
Mereka2 yg mendengar ibarat adalah org yg beistilah mendengarkan. Yg sebenarx mrka itu perlu banar kpd pemahaman. Hati mrka itu memcari trs sebuah pemahaman makrifat. Apa aja panderan org selalu menuju Allah. N mereka tafsirkan selalu sprti itu. Kpd pemahaman yg didangarkan itu kata2 kpda mereka. Drps nasehat kebaikan dan ilmu2 hikmat. Perbandinganx sprti makanan nasi, jagung itu menjdi makanan untuk menyehatkan badan yg menghajatkan mereka2 itu kpda makanan tdi. Sebagaimana kita hajatkan nasi. Kta makan. Kyatu jua makrifat. Tdk ada yg menguntungkan bagi engkau kecuali yg melamakkan kehati kamu makanan yg kamu mau memakannya. Jdi tinggal pemahaman kita aja lgi. Walaupun kd sinkron wan yg dipanderkan org. Sebagaimana makanan zohir bermacam2.
Tdk selamanya patut bagi seseorg yg :
1. Makanan yg patut bagi yg lain. Apa tg dimakan org lain blm tentu cocok bagi ita n sebaliknya. Disebabkan krn kesukaan mrka itu berbeda2. Dan campuran batang tubuh mereka. Ada makanan yg bisa cocok ada yg kda.
Seperti itu jua makanan2 yg cocok utk hati yg dipaham (dimakan) dri ibarat2 bermacam2 jua. Bs jd tdk patut bagi yg satu tp patut bagi yg lain. Artinya tdk semua org cocok. Ada yg memaham jd ilmu n ada yg memaham polos. Semua memaham dgn pemahaman msg2. Krn berbeda2 perjalanan mrka dan berbeda2 yg mrka tuju.
Kdg2 didapat satu ibarat keluar kata2 td dr sekelompok org. Memaham oleh seikung dr kata2 td sesuatu yg kd dipaham akan kata2 td oleh yg lain. Kdg2 memaham sebagian org dr ycapan yg didengar oleh iya. Akan satu makna pdhl yg bicara tek bermaksud itu pahamannya. Dgn makna yg dipahamnya tdi. Dan mempengaruhi oleh batinnya dgn itu pahaman makna td. Hatix td ada pengaruh yg luar biasa kearah baik. Dan kdg2 bisa saja org memaham lawan dr maksud yg dibicarakan oleh org yg bicara. Contoh : ada ahli syair berkata dlm syair dan lagux " maknanya . Bila sdh 20 hr bln sya'ban berlalu (artix 10 hr lg ramadhan) maka sambunglah minum malam mu dgn siang. (Byki minum mu krna cagar puasa) jgn minumnya dgn cangkir yg halus. Krn waktu yg 10 hr itu sempit bnr klo minumx cabgkir halus" pdhal polos penyair ini berkata. Yg mendangar ni memaham. Mati ni parak. Lakasi beramal siang n malam. Byki amal nywa. Dgn pahaman itu dia pun berlari2 dlm keadaan takut. Sampai ia dtg kekota mekkkah. Hingga dia trs berada dimekkah beribadah disana.
Isuk apa lagi (akherat) kaya ini jua kah.
Jgn sampai pahaman kita kd baik. Itu barang dlu.
Jd kdg2 bekisahx meanduh2. Hanyar am sampai. Tu gin parak jua belum jua nahap. Belum jua berhasil. Selesai. Belum jua lg sampai sampak. Hnyar mealang. Kdang2.
Jd panderan org yg bepandir. Bisa hbyar merasai. Kdg2 yg meibaratkan drpd maqom (savar, wara' dll) adalah org yg bujur sdh sampai. Bermula yg demikian itu. Yg menyampaikan ni sdh merasaikah balumkah? Ini kd kw dipastikan. Mana yg sdh merasai bujurn mana yg hnyar merasai. Kd jelas utk membedakan. Antara yg sdh lawas sampai. Lawan yg hnyar sampai. Kecuali orgx kasyaf. Krn org kasyaf tahu bepander ja kah or seh merasai.
Krn org kasyaf melihat ucapan itu bentuk ruoa ucapannya itu batin. Beisi kah kda. Jka kata2 itu kosong hnyar. Jika beisi bearti lama. Dan sesuatu yg sempurnakah kurangkah. Itu kelihatan oleh ahli kasyaf.
Alamat yg pertama org yg hnyar. Bekisahnya itu apabila kehimungan banar bekisah. Itu hanyar. Misal bekisah syukur himung bnr bearti hnyr dpt syukur. Ada yg sdh lama. Santai ja. Org yg menfisahkan ma'rifat himung bbr itu bearti hnyr dpt ma'rifat. Dan iya membesar2kan akan itu yg didapatnya perkara. Ini luar biasa. Org himung. Ini tanda org hanyarorg lama santai ja malah kwa menyembunyikan makrifat itu.
Krn hnyr permulaan jd wajar kelakuan org hnyar kytu. Bersalahan org yg sdh sampai bepandir biasa sebagaimana iya bicara dgn org lain sprti biasa. Ada lgi org yg membawa ibarat itu masalh sabar, syukur. Hnyr menukil dr kitab dan manaqib dr org2 dihapalx ibarat mrka. Dan itu memberi kesan diaampaikn ttg sabar n syukur. Dikira org. Sdh sampai. Org merasa bicara n yg balum lain.
Ibarat. Dihati ini sdh ada aplikasi. Dikeluarkan dimulut. Bukan menukil dikitab.
Allah menempa hidup seseorg bukan dgn nikmat. To dr bala n musibah. Hibgga ia dpt rasa n ilmu. Hingga bicaranya dari perasaan. Bukan kopian.
Kdd alat yg lebih canggih drpd hati. Dan itu hati telah muncul dizaman Nabi Adam AS.
Kd percaya n kd yakin dgn Allah membuat kita menyasahi dunia. Pdhal kecanggiha dunia kdd apa2nya. Mata kami tidur tpi hati kami ttp terjaga.
Membersihi hati. Ada hdk baik. Sking hdk baiknya. Mendoakan maling, pencuri, pelacur secara khusus disaat semua org menghina mereka. Ya Allah mudahan mereka kau ampuni dan masuk sorga. Kdd iri dihati. Senang mrka bsa selamat itu kebahagiaan dia. Hatix sanggup berbuat baik walau hnyr dgn doa. Gembirakan mereka jua diakherat masukkan kesorga.
Hai org2 yg byk dosa. Satu amalan yg jgn dilepas. Angkat tangan n berdoa YA ALLAH AMPUNI ULN. ULN MENGHARAP AMPUNAN PIAN. JGN MENDENGARI ORG YG MERENDAHKAN. RASUL MENYAYANGI KALIAN. ALLAH MERINDUKAN KALIAN. PARA AULIA MENDOAKAN KALIAN. YA ALLAH JIKA PIAN KD MENGAMPUNI CELAKA ULN.
Yg penting bersihi hati. Datangi Allah. Ampuni uln.
Sebagaimana pian mengampuni uln. Ampuni jua org lain. Tanda kesucian hati.
Masih ada yg berdoa utk ahli maksiat. Masih ada yg sholat hajat untuk ahli maksiat. (AMALAKAN WAJIB)
Cirinya org yg menjelaskan keadaan inya sebenarnya. Alamatnya coba2 bicara dgn org td sesuai undang2 ilmu agama. Jika inya pina sulit menjelaskan n menjawab bearti iya mehapal. Klo sdh menjalani. Inya nyaman menjelaskan.
Dan dicium drpd iya sombong dan membela diri, org itu hnya mengaku bukan merasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (5 Sep 2018)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Jum'at (20 Juni 2019)

Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Sabtu (9 Nov 2018)