Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (26 Jul 2017)
Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (26 Jul 2017)
Manusia scra umum ada yg kurang beisi marah. Ada yg melampaui batas dr sifat marah dan ada yg normal. Adapun yg kurang disebut pengecut. Bisa jdi arti kurang itu kdd sama sekali. Inilah dicela dlm agama. Krn tdk ada benteng dlm hidupnya. Dr krn inilah Imam Syafi'i berkata " brg siapa dipancing utk marah, tapi ia kd marah, maka org itu sama dgn keledai (bodoh)"
Marah yg bujur itu dri cinta. Apakah cintanya bujur or salah. Misalnya ia ketuju dgn sholat dan measi dgn gawian sholat lalu mun ada yg kd sholat lalu ia marah. Maka marahx ini benar. Krn dasar cintax bujur. Mun kdd lalu beisi marah. Bini anak kd sholat. Mka ini sama dgn keledai. Jika cinta dgn dunia. Misal duit. Jika diambil org ia marah. Maka marahx ini pasti. Amunnya kdd lalu marah ini yg dsebut khimar. Prakteknya kita tebnyak cinta pd dunia. Lalu hasilnya marah trhdap hilang pd dunia. Jd marah ini gambaran cinta kta tu kemana.
Suatu saat atas umat ku mrka berbeda2 dr 73 antar golongan. Hnya satu yg selamat. Logika. Anggap 72 berarti 71 musuh. Nang selamat itu sapa? Apa yg digawi oleh Ku dan seluruh sahabat ku. Sahabat adalah jua tolak ukur. Itu yg disebut Ahlu Sunnah Wal Jamaah. Sunna yaitu Nabi. Jamaah yaitu Sahabat dan Tabiin.
Semua sahabat ku bagaikan bintang. Sahabat itu yg beeiman dgn Nabi. Apa gawi sahabat itulah wal jamaah. Siapa ja yg nywa umpati. Mrka semua rujukannya kembali kpd Rasulullah.
Dlm I'anuthholibin "jadikan sholat malam mu itu penghabisannya witir" Rasulullah mengucap. Lalu Sayidina Umar n Sayidina Abu Bakar Siddiq belain gawian. Sy. Umar meandak witir dipehabisan. Sy. Abu Bakar habis ba'diyah isya. Pas tebangun betahajud sidin. Lalu dipanggil keduanya. Utk ditanya alasan. Rasul bijak kd menyalahkan. Dipanggil dulu keduanya.
Alasan Sy. Abu Bakar. Mata uln kd kw dipadahi. Rugi uln kd tebangun. Kda tegawi witir. Allah satu ketuju yg satu. Jd uln gawi. Mun kd sing bangunan. Witir sdh digawi jua.
Baju yg dipakai para nabi dan org soleh. Mengandung berkah. Krn ada tegatuk badan sidin. Badan sidin ada ruh. Dan ruh mereka. Hati mereka ngontak sama Allah. Jd meambil berkah. Dlu ada pancuran amas dibaitullah. Dibawahnya bahari lalu ada lubak gonol. Bakas batu gugur dr baitullah. Dsitu pernah Rasulullah duduk beibadah. Abu kahal naik keatas baitullah. Hdk menggugurkn batu. Nabi dibawah beibadah. Dijuhung batu. Gugur tapi kd sampai. Bejauh nabi. Gugur batu. Setelah belubak. Itu keramik disamping baitulah itu bekas Nabi duduk. Yg org dihijr ismail itu. Sholat mehadapnya kemanakah sujudnya kesitu. Menyantukkan dahi bekas dudukx Rasulullah.
Dlu ada Babussalam. Dekat pintu baitullah. Sekrg dihilangkan. Yg tinggal hnya maqam Ibrahim. Ceritanya dlu mrka ingin menghilangkn maqam ibrahim. Ditegur sdh oleh Habaib. Akhirnya diungkitnya. Begarak. Lalu baitullah begarak jua. Tempat atau benda bersejarah. Dlu sebelum dikacai. Tuang banyu. Minum banyunya. Habar bin habar baitullah hdk dikacainya spy kdd lg yg menjapai. Rumah nabi kdd lg.
Bnyak dalilnya. Kitabnya. Serabgan kiri kanan. Nah wajib kita marah. Marah yg teratur yg harus ada sifat marah islam dijajak. Aqidah yg bujur dijajak. Marah hrus ada tpi ada batasnya.
Kitab aswaja fiqih yg dijaga ttg sanad. Ialah 4 mazhab. Keempatx pnya dasar n pegangan.
Tasawuf adalah Imam Junaid. Ini mujaddid. Zaman sebelumnya. Mereka ga pernah ngarang kitab. Krn karangan mrka ya murid2 mrka. Lalu trjdi fitnah dan segala macam lalu muncullah karangan2. Mengarang itu amalan yg plg kd diketujui mrka. Krn mrka kd hdk masyhur. Tp tuntutan zaman hrus ada karangan. Hingga datu kelampayan mengarang kitab Sabilal Muhtadin. Seluruh Dzuriat datu kelampayan. Berharap mengikut beliau. Telaah kebenaran kitabnya. Seandainya semua ikut dikitab Sabilal. Kdd behual. Apa yg dihualkan.
Wali Qutub kd akan jd wali qutub kecuali sdh meamalkn semua mazhab. Dikepalanya. Semua amal yg ke4nya digawi sidin. Dan bala menyeraput plg banyak disandang sidin.
Bila dpt ilmu dr Rasulullah n Sahabat. Maka igut dgn geraham.
Siapa beelang kerumah org alim yg mengikuti Rasulullah. Sama beelang wadah Aku jer Nabi. Siapa besalaman dgn org lain yg nurut Nabi. Sama besalaman wan Aku.
Siapa tdk pnya pembelaan pd yg benar. Marah namanya. Menyampaikan yg haq dgn tegas. Tanpa ragu2. Org itu hatinya kurang. Pengecut.
Allah telah menguji pd sahabat Rasulullah.
Marah yg bujur itu dri cinta. Apakah cintanya bujur or salah. Misalnya ia ketuju dgn sholat dan measi dgn gawian sholat lalu mun ada yg kd sholat lalu ia marah. Maka marahx ini benar. Krn dasar cintax bujur. Mun kdd lalu beisi marah. Bini anak kd sholat. Mka ini sama dgn keledai. Jika cinta dgn dunia. Misal duit. Jika diambil org ia marah. Maka marahx ini pasti. Amunnya kdd lalu marah ini yg dsebut khimar. Prakteknya kita tebnyak cinta pd dunia. Lalu hasilnya marah trhdap hilang pd dunia. Jd marah ini gambaran cinta kta tu kemana.
Suatu saat atas umat ku mrka berbeda2 dr 73 antar golongan. Hnya satu yg selamat. Logika. Anggap 72 berarti 71 musuh. Nang selamat itu sapa? Apa yg digawi oleh Ku dan seluruh sahabat ku. Sahabat adalah jua tolak ukur. Itu yg disebut Ahlu Sunnah Wal Jamaah. Sunna yaitu Nabi. Jamaah yaitu Sahabat dan Tabiin.
Semua sahabat ku bagaikan bintang. Sahabat itu yg beeiman dgn Nabi. Apa gawi sahabat itulah wal jamaah. Siapa ja yg nywa umpati. Mrka semua rujukannya kembali kpd Rasulullah.
Dlm I'anuthholibin "jadikan sholat malam mu itu penghabisannya witir" Rasulullah mengucap. Lalu Sayidina Umar n Sayidina Abu Bakar Siddiq belain gawian. Sy. Umar meandak witir dipehabisan. Sy. Abu Bakar habis ba'diyah isya. Pas tebangun betahajud sidin. Lalu dipanggil keduanya. Utk ditanya alasan. Rasul bijak kd menyalahkan. Dipanggil dulu keduanya.
Alasan Sy. Abu Bakar. Mata uln kd kw dipadahi. Rugi uln kd tebangun. Kda tegawi witir. Allah satu ketuju yg satu. Jd uln gawi. Mun kd sing bangunan. Witir sdh digawi jua.
Baju yg dipakai para nabi dan org soleh. Mengandung berkah. Krn ada tegatuk badan sidin. Badan sidin ada ruh. Dan ruh mereka. Hati mereka ngontak sama Allah. Jd meambil berkah. Dlu ada pancuran amas dibaitullah. Dibawahnya bahari lalu ada lubak gonol. Bakas batu gugur dr baitullah. Dsitu pernah Rasulullah duduk beibadah. Abu kahal naik keatas baitullah. Hdk menggugurkn batu. Nabi dibawah beibadah. Dijuhung batu. Gugur tapi kd sampai. Bejauh nabi. Gugur batu. Setelah belubak. Itu keramik disamping baitulah itu bekas Nabi duduk. Yg org dihijr ismail itu. Sholat mehadapnya kemanakah sujudnya kesitu. Menyantukkan dahi bekas dudukx Rasulullah.
Dlu ada Babussalam. Dekat pintu baitullah. Sekrg dihilangkan. Yg tinggal hnya maqam Ibrahim. Ceritanya dlu mrka ingin menghilangkn maqam ibrahim. Ditegur sdh oleh Habaib. Akhirnya diungkitnya. Begarak. Lalu baitullah begarak jua. Tempat atau benda bersejarah. Dlu sebelum dikacai. Tuang banyu. Minum banyunya. Habar bin habar baitullah hdk dikacainya spy kdd lg yg menjapai. Rumah nabi kdd lg.
Bnyak dalilnya. Kitabnya. Serabgan kiri kanan. Nah wajib kita marah. Marah yg teratur yg harus ada sifat marah islam dijajak. Aqidah yg bujur dijajak. Marah hrus ada tpi ada batasnya.
Kitab aswaja fiqih yg dijaga ttg sanad. Ialah 4 mazhab. Keempatx pnya dasar n pegangan.
Tasawuf adalah Imam Junaid. Ini mujaddid. Zaman sebelumnya. Mereka ga pernah ngarang kitab. Krn karangan mrka ya murid2 mrka. Lalu trjdi fitnah dan segala macam lalu muncullah karangan2. Mengarang itu amalan yg plg kd diketujui mrka. Krn mrka kd hdk masyhur. Tp tuntutan zaman hrus ada karangan. Hingga datu kelampayan mengarang kitab Sabilal Muhtadin. Seluruh Dzuriat datu kelampayan. Berharap mengikut beliau. Telaah kebenaran kitabnya. Seandainya semua ikut dikitab Sabilal. Kdd behual. Apa yg dihualkan.
Wali Qutub kd akan jd wali qutub kecuali sdh meamalkn semua mazhab. Dikepalanya. Semua amal yg ke4nya digawi sidin. Dan bala menyeraput plg banyak disandang sidin.
Bila dpt ilmu dr Rasulullah n Sahabat. Maka igut dgn geraham.
Siapa beelang kerumah org alim yg mengikuti Rasulullah. Sama beelang wadah Aku jer Nabi. Siapa besalaman dgn org lain yg nurut Nabi. Sama besalaman wan Aku.
Siapa tdk pnya pembelaan pd yg benar. Marah namanya. Menyampaikan yg haq dgn tegas. Tanpa ragu2. Org itu hatinya kurang. Pengecut.
Allah telah menguji pd sahabat Rasulullah.
Komentar
Posting Komentar