Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (4 Jan 2017)
Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Kamis (4 Jan 2017)
Adapun lermasalahn lrg yg kena puji maka bisa memudharati akan pujian itu.
Jadi permulaan yg harus kita ubah dlm hidup kita adalah. kita kd pantas dpt pujian. krna kita beisi dan bnyak pnya kekurangan. oleh krn sadar kd pantas dpt pujian. yg jelas kt tdk dlu mencari cari pujian. spya kita ini terhindar dr sifat yg kd bagis yaitu sifat ketuju mnta dipuji. gara gara memandang diri beisi kelebihan timbullah keinginan hdk dpuji dan ketuju dgn itu pujian.
Apabila kebetulan org menghina akan dirinya. inya mulai menyadari pantas aja. sifat sadar dan merasa pantas dihina. itu sifat sgt baik. dan hilanglah disitu sifat penyinggungan. jer inya pantas aja, wajar aja, nang kaya unda ni dihina org. selesai masalah. tp mun ketuju dipuji lalu dihina org lalu tekajut kd menerima, kd menerima ini yg membuat inya sakit hati, gelisah, sedih dan handak melawan n membalas dgn org yg menghina selama belum terbalas dgn yg menghina td guring kd mengaruan. makan kd mengaruan. lalu garing. mun org sdh biasa dihina, santai ja. menerima kd betarusan diotak. sadar pantas dihina.
menjawab hinaan caranya sadar bhwa kota pantas dihina, bahkan hinaan yg dtg pada kita. tdk sebanding dgn dosa yg kita miliki. tebanyak dosa n kekurangan yg kita miliki. jd solusi yg bujur bhwa kita pantas dihina. selain dari itu. bukan jawaban.
Yg namanya dikelompok manusia pasti ada ja hinaan. klo hidup mengharap org kdd menghinanya. cita2 yg tdk akan pernah terwujud. permainan dunia selalu menginjak yg satu dan yg satu menginjak yg satu. jalan keluar mun dihina jgn tesinggung. selesai. mun menjawab dgn jawaban yg lain. maka lapah. dptx kada. jawaban yg laling benar kembali pd agama. sadar kita pantas dihina. selesai.
apabila kita dipuji. 1. kita menganggap kd pantas. mjn kdd rasa sadar ini membahayakan pujian ini kpd yg dipuji satu djantara dua, bhwasax pujian yg diberikan org melahirkan virus sombong dibadan yg telah ada dibadan.
behimat org menghina kita. senyum ja. lrn bersyukur org mengganii menghina.
2. sifat keakuannya bisa benyarak. dan dua buting sombong dan ujub ini ibu penyakit yg membinasakan.
Mun dihina org tesinggung, berarti kd terima, mun kd terima berarti hdk apa. asal diei kita memang hina, maka sgla cara apapun tdk bisa meeubah diri kita. andai ada kelebihan itu milik org lain. bukan milik kita.
knpa berhias krn kita hdk melihat keelokan dan kelebihan Orang. bulan diri kita.
mun becari pujian tunggui pusangnya.
Hasanul Basri berkata : Sayyidina Umar duduk santai. ditangan sidin ada tongkat.
(sidin ketuju bevacatuk jer guru) manusia byk disekitar sidin. tiba2 dtg seorg laki2 namaz zaruq bin munzir. tiba2 ada seseorg laki2 memuji wan si zaruq. ini pemimpin suku Robiah. mendangar pujian td yg peetama Sayyidina Umar, manusia yg disekitar mendangar. lebih2 zarua lebih lagi mendengar pujian itu. manakala beparak si zaruq wan Sayyidina Umar. dicatuk sidin kepala. lalu zaruq tekajut. apa salah uln wan pian wahai amirul mukminin. nywa betakun ja lah lagi. nywa memdangar lah pujian td. gih mendangar. tp uln beranai. unda jer sidin takutan masuk kedlm hati nywa sesuatu yg membahayakan. unda catuk nyw spy sadar bhwa nyw itu hina. lalu jer sidin. Makasih.
klo hidup itu pujian diterima. dlm arti kt tdk pantas dipuji. hinaan diterima. dlm arti ini yg pantas buat kt.
Akhir zaman hnya kekuatan hati yg diperlukan.
Brp dpt duit itu yg dimakan. kd usah behaharat. kw nukar tukar. kd kw beranai. haruskah menjawab dgn berusaha dan berusaha. klo ai stlah berusaha itu dlt jawaban. selama nafsu belum hilang. maka iya tdk pernah cukup. jd gaji brla kah. kd usah berpikir mcam2. jalani dan modal hati syukuri apa yg ada. klo simiskin menjwab mensyukuri apa yg ada. itulah keberhasilan. syukuri ja. apa yg ada. itu yg dimakan dan digunakan. kd kw jgn belistrik, jgn beledeng.
siapa yg bersyukur itu yg nyaman. hati adalah jawaban. mau jutaan kr milyaran klo ga bersyukur ttp hati ga nyaman.
Tdk ada jawaban selain syukuri apa yg ada.
Yg kedua yg dipuji bs dpt bahaya, biasanya kita itu pasti senang. lalu betahan kada lagi wmperjuangkan yg dipuji. krn lerasa kt. kt ssh dpt keberhasilan. lalu himung atas kebeehasilan diringa. brgsiapa mengagungkan kebesaran diringa maka mulailah kurang rajinnya. org yg rajin beramal adalah org yg merasa dirinya masih belum berhasil.
adapun jika telah mndpt pujian iya mengira iya sdh berhasil lalu malas beramal. mun malas kd dpt buah. sdgkan Allah telah memberitahukan sunnahx. amal mendpt buah.
Mun beamal tp belum dpt fadhillah berarti amal kita belum bujur. amal itu akan dpt maunah. carii dimana salahnya.
setelah berhasil jgn mengaku ngaku. org memuji kd inya yg beidabul. balum sugih hnya sedikit sudah bekoyo.
Ma'rifat ld Allah itu maunah, jalannya adalah ibadah. siapa rajin begini2 hasilx ini. oleh karena itu. Imam Junaid setumat2 membaca zikir dan membaca lain2. wiridan or amalan. ini yg menyampaikan. jd mun mendapat rasa balum beramal ibadah itu ga mgkin. oleh karena itu amal harus. org beramal pasti dpr buah. mun org koler ibadah tp kd beamal itu dustainya. krn drmna dpt rasa mun kd beamal. janji Allah mun bujur. dapat buahnya. fadhilat ma'rifat diatas dr sugih. dunia kd diunting akherat kd diunting. mun lengkap tebuka kpde. lalu dipadahkan oleh ulama. jalan menuju Allah harus begawi tpi jangan merasa beisi apa2. jangan kan merasa beisi wujud mencium bau wujud aja lada. ngaluh mun masih dipuji himung dihina tesinggung berarti msh ada kisah diri. kayapa hdk beamalan dpt fadhilat. org yg sdh merasa hidupx berhasil. siapa ambungan pasti kd lg berjbadah krn mrsa berhasil. nywa memuji kawan nywa sama dgn membunuh menatak leher kawan nywa. klo kawan nywa mendgr pujian nywa. inya jd rugi dan ld beruntung hidupnya. dipuji kd lantas. dihina rasanya pantas buat kita. pantaslah kita dihina. hingga sampai pd sebuah perasaan yg plg dalam bhw kita adalah seseorg yg amat sangat lantas utk dihina. sebaik apapun yg kita kerjakan lantas kt dihina. jd dtg hinaan kd tekajut.
Jadi permulaan yg harus kita ubah dlm hidup kita adalah. kita kd pantas dpt pujian. krna kita beisi dan bnyak pnya kekurangan. oleh krn sadar kd pantas dpt pujian. yg jelas kt tdk dlu mencari cari pujian. spya kita ini terhindar dr sifat yg kd bagis yaitu sifat ketuju mnta dipuji. gara gara memandang diri beisi kelebihan timbullah keinginan hdk dpuji dan ketuju dgn itu pujian.
Apabila kebetulan org menghina akan dirinya. inya mulai menyadari pantas aja. sifat sadar dan merasa pantas dihina. itu sifat sgt baik. dan hilanglah disitu sifat penyinggungan. jer inya pantas aja, wajar aja, nang kaya unda ni dihina org. selesai masalah. tp mun ketuju dipuji lalu dihina org lalu tekajut kd menerima, kd menerima ini yg membuat inya sakit hati, gelisah, sedih dan handak melawan n membalas dgn org yg menghina selama belum terbalas dgn yg menghina td guring kd mengaruan. makan kd mengaruan. lalu garing. mun org sdh biasa dihina, santai ja. menerima kd betarusan diotak. sadar pantas dihina.
menjawab hinaan caranya sadar bhwa kota pantas dihina, bahkan hinaan yg dtg pada kita. tdk sebanding dgn dosa yg kita miliki. tebanyak dosa n kekurangan yg kita miliki. jd solusi yg bujur bhwa kita pantas dihina. selain dari itu. bukan jawaban.
Yg namanya dikelompok manusia pasti ada ja hinaan. klo hidup mengharap org kdd menghinanya. cita2 yg tdk akan pernah terwujud. permainan dunia selalu menginjak yg satu dan yg satu menginjak yg satu. jalan keluar mun dihina jgn tesinggung. selesai. mun menjawab dgn jawaban yg lain. maka lapah. dptx kada. jawaban yg laling benar kembali pd agama. sadar kita pantas dihina. selesai.
apabila kita dipuji. 1. kita menganggap kd pantas. mjn kdd rasa sadar ini membahayakan pujian ini kpd yg dipuji satu djantara dua, bhwasax pujian yg diberikan org melahirkan virus sombong dibadan yg telah ada dibadan.
behimat org menghina kita. senyum ja. lrn bersyukur org mengganii menghina.
2. sifat keakuannya bisa benyarak. dan dua buting sombong dan ujub ini ibu penyakit yg membinasakan.
Mun dihina org tesinggung, berarti kd terima, mun kd terima berarti hdk apa. asal diei kita memang hina, maka sgla cara apapun tdk bisa meeubah diri kita. andai ada kelebihan itu milik org lain. bukan milik kita.
knpa berhias krn kita hdk melihat keelokan dan kelebihan Orang. bulan diri kita.
mun becari pujian tunggui pusangnya.
Hasanul Basri berkata : Sayyidina Umar duduk santai. ditangan sidin ada tongkat.
(sidin ketuju bevacatuk jer guru) manusia byk disekitar sidin. tiba2 dtg seorg laki2 namaz zaruq bin munzir. tiba2 ada seseorg laki2 memuji wan si zaruq. ini pemimpin suku Robiah. mendangar pujian td yg peetama Sayyidina Umar, manusia yg disekitar mendangar. lebih2 zarua lebih lagi mendengar pujian itu. manakala beparak si zaruq wan Sayyidina Umar. dicatuk sidin kepala. lalu zaruq tekajut. apa salah uln wan pian wahai amirul mukminin. nywa betakun ja lah lagi. nywa memdangar lah pujian td. gih mendangar. tp uln beranai. unda jer sidin takutan masuk kedlm hati nywa sesuatu yg membahayakan. unda catuk nyw spy sadar bhwa nyw itu hina. lalu jer sidin. Makasih.
klo hidup itu pujian diterima. dlm arti kt tdk pantas dipuji. hinaan diterima. dlm arti ini yg pantas buat kt.
Akhir zaman hnya kekuatan hati yg diperlukan.
Brp dpt duit itu yg dimakan. kd usah behaharat. kw nukar tukar. kd kw beranai. haruskah menjawab dgn berusaha dan berusaha. klo ai stlah berusaha itu dlt jawaban. selama nafsu belum hilang. maka iya tdk pernah cukup. jd gaji brla kah. kd usah berpikir mcam2. jalani dan modal hati syukuri apa yg ada. klo simiskin menjwab mensyukuri apa yg ada. itulah keberhasilan. syukuri ja. apa yg ada. itu yg dimakan dan digunakan. kd kw jgn belistrik, jgn beledeng.
siapa yg bersyukur itu yg nyaman. hati adalah jawaban. mau jutaan kr milyaran klo ga bersyukur ttp hati ga nyaman.
Tdk ada jawaban selain syukuri apa yg ada.
Yg kedua yg dipuji bs dpt bahaya, biasanya kita itu pasti senang. lalu betahan kada lagi wmperjuangkan yg dipuji. krn lerasa kt. kt ssh dpt keberhasilan. lalu himung atas kebeehasilan diringa. brgsiapa mengagungkan kebesaran diringa maka mulailah kurang rajinnya. org yg rajin beramal adalah org yg merasa dirinya masih belum berhasil.
adapun jika telah mndpt pujian iya mengira iya sdh berhasil lalu malas beramal. mun malas kd dpt buah. sdgkan Allah telah memberitahukan sunnahx. amal mendpt buah.
Mun beamal tp belum dpt fadhillah berarti amal kita belum bujur. amal itu akan dpt maunah. carii dimana salahnya.
setelah berhasil jgn mengaku ngaku. org memuji kd inya yg beidabul. balum sugih hnya sedikit sudah bekoyo.
Ma'rifat ld Allah itu maunah, jalannya adalah ibadah. siapa rajin begini2 hasilx ini. oleh karena itu. Imam Junaid setumat2 membaca zikir dan membaca lain2. wiridan or amalan. ini yg menyampaikan. jd mun mendapat rasa balum beramal ibadah itu ga mgkin. oleh karena itu amal harus. org beramal pasti dpr buah. mun org koler ibadah tp kd beamal itu dustainya. krn drmna dpt rasa mun kd beamal. janji Allah mun bujur. dapat buahnya. fadhilat ma'rifat diatas dr sugih. dunia kd diunting akherat kd diunting. mun lengkap tebuka kpde. lalu dipadahkan oleh ulama. jalan menuju Allah harus begawi tpi jangan merasa beisi apa2. jangan kan merasa beisi wujud mencium bau wujud aja lada. ngaluh mun masih dipuji himung dihina tesinggung berarti msh ada kisah diri. kayapa hdk beamalan dpt fadhilat. org yg sdh merasa hidupx berhasil. siapa ambungan pasti kd lg berjbadah krn mrsa berhasil. nywa memuji kawan nywa sama dgn membunuh menatak leher kawan nywa. klo kawan nywa mendgr pujian nywa. inya jd rugi dan ld beruntung hidupnya. dipuji kd lantas. dihina rasanya pantas buat kita. pantaslah kita dihina. hingga sampai pd sebuah perasaan yg plg dalam bhw kita adalah seseorg yg amat sangat lantas utk dihina. sebaik apapun yg kita kerjakan lantas kt dihina. jd dtg hinaan kd tekajut.
Komentar
Posting Komentar