Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Sabtu (5 Nov 2016)
Catatan Pengajian Guru Zuhdi Malam Sabtu (5 Nov 2016)
Kadang2 masuk pnyakit riya didlm hatimu. dari segi pdhal kdd lalu memandang oleh makhluk kpd engkau. atau ditempat yg makhluk tdk ada yg tahu dgn engkau. kdg2 masuk pnyakit riya pdhl beibadah sorangan. mun diorg byk wajar. krn hdk mnta puji org.
Riya itu bisa aja masuk walau saat beribadah sorangan.
riya itu bepepinta pujian kehormatan, sanjungan, kemuliaan. jd bhsa yg nyman dipaham. riya itu kita mnta dibalas. mnta dipuji, dihormati
virusnya riya krn ada didlm hati merasa sorang ada kisah. maka selama itu sorang bepapinta. baik ditengah org byk ataupun beribadah sorangan.
walaupun beribadahx sendiri tp betagih wan manusianya bisa aja pas bergaul. krn virusnya sdh ada didalam hati. yaitu riya td. apabila kita hndak menghilangkan riya. kita kd harus membahas ditengah org byk atau sendiri tp menghapus kesah yg merasa ada kesah td. caranya belajar sifat 20. jd yg nampak n jelas hnya lah kisah yg menunjuk kpd Allah
pdhal dsuatu tempat beramal pdhal sorangan. yakni bhwasax pnyakit riya sbgimana bisa masuk waktu kita beramal. apabila org yg beramal melakukan akan amal. bisa masuk kbnyakkannya pd saat ada manusia.
hdk mehapus riya. hapus kesah sorang.
sebagaimana riya itu bisa masuk ketika beramal dihadapan manusia. namanya ini riya yg zohir. bisa jua riya td masuk pd amal. apabila yg menggawi beamal keadaannya sendiri.
dan lg yg ditujunya. harus bersegara org pd hak yg dipintax dan org kd bujur menggawi yg ia pnya hak dlm dirinya apa yg dipintax. maka menyalahkan ia. memamai behimat.
kdg2 saking sariknya ia krn kd sesuai memgerjakan sesuai kehendaknya. kena segera Tuhan mendatangkan siksa (Ketulahan).
dia berucap Allah akan melawankan bila ia marah. ini riyanya sdh kronis.
jd sumbernya aja yg diobati. jd ada atau tidak manusia klo dasar ambungan.
bila merasa2 didlm dirinya ada ciri ketuju dipuji mka ia harus yakin bhwa ia pnya pnyakit riya.
bila hdk dpuji berarti ada kisah. org riya. ambungan dan penyinggungan.
sekalipun ia beribadah itu menyembunyikan jgn ketahuan org. pikitnya ikhlas kw menyembunyikan. tp hati kecil hdk mnta muliakan itu riya masih ada diawak.
Dinamai lah riya yg kaya ini yaitu riya yg samar2.
dan tidak akan bisa sdlamat dr riya yg nyata dan samar2. kecuali org itu.
1. ma'rifat didirinya tdk ada kesah. kenal dirinya tdk ada kesah jd kenal didlm dirinya kesah org. jd ia melihat kesah AllH dlm dirinya.
dinamai riya iti dgn syirik khofi. krna umpat jua bekesah. krn Allah ta'ala sdh membersihi mereka yg ma'rifat drod syirik yg halus2 sekalipun.
dan Allah sdh menghilangkan dr pandangan mrka bhwa makhluk bs menilai. ini tdk ada dlm pandangan mrka. sama kdd minta puji wan sapapun. kuda wan manusia sama.
Nur keyakinan trhadap Allah itu satu. cerita didlm diri ini bukan cerita yg lain tp cerita Allah. nur itu adalah ilmu. akhirnya kdd lg mengharap pd makhluk spy diberi kebaikan. dan kdd rasa takutan. dri jihadx makhluk adanya dtg mudhorat. jd dpuji org iya. kda kada ai. kdd kesah.
oleh karena itu maulid amalan plg afdhol utk membersihi hati. krn maulid memuji Rasulullah.
maka amal ibadah yg mereka lakukan itu yg bujur ikhlas. mun masih merasa ada kisah sorang. ikhlas msh belum ada. iya yg gerunum2. yg beruntung org ikhlas. lrn org ikhlas ky sdh masuk sorga.
menerima dgn lapang dada krn hatinya ikhlas. santai ja. jd sskalipun mrka menggawi amal td. ditengah2 org byk beramal iya kd mnta puji. Allah bersihi hati mrka. Allah hilangkan mrka mnta ama manusia.
Riya itu bisa aja masuk walau saat beribadah sorangan.
riya itu bepepinta pujian kehormatan, sanjungan, kemuliaan. jd bhsa yg nyman dipaham. riya itu kita mnta dibalas. mnta dipuji, dihormati
virusnya riya krn ada didlm hati merasa sorang ada kisah. maka selama itu sorang bepapinta. baik ditengah org byk ataupun beribadah sorangan.
walaupun beribadahx sendiri tp betagih wan manusianya bisa aja pas bergaul. krn virusnya sdh ada didalam hati. yaitu riya td. apabila kita hndak menghilangkan riya. kita kd harus membahas ditengah org byk atau sendiri tp menghapus kesah yg merasa ada kesah td. caranya belajar sifat 20. jd yg nampak n jelas hnya lah kisah yg menunjuk kpd Allah
pdhal dsuatu tempat beramal pdhal sorangan. yakni bhwasax pnyakit riya sbgimana bisa masuk waktu kita beramal. apabila org yg beramal melakukan akan amal. bisa masuk kbnyakkannya pd saat ada manusia.
hdk mehapus riya. hapus kesah sorang.
sebagaimana riya itu bisa masuk ketika beramal dihadapan manusia. namanya ini riya yg zohir. bisa jua riya td masuk pd amal. apabila yg menggawi beamal keadaannya sendiri.
dan lg yg ditujunya. harus bersegara org pd hak yg dipintax dan org kd bujur menggawi yg ia pnya hak dlm dirinya apa yg dipintax. maka menyalahkan ia. memamai behimat.
kdg2 saking sariknya ia krn kd sesuai memgerjakan sesuai kehendaknya. kena segera Tuhan mendatangkan siksa (Ketulahan).
dia berucap Allah akan melawankan bila ia marah. ini riyanya sdh kronis.
jd sumbernya aja yg diobati. jd ada atau tidak manusia klo dasar ambungan.
bila merasa2 didlm dirinya ada ciri ketuju dipuji mka ia harus yakin bhwa ia pnya pnyakit riya.
bila hdk dpuji berarti ada kisah. org riya. ambungan dan penyinggungan.
sekalipun ia beribadah itu menyembunyikan jgn ketahuan org. pikitnya ikhlas kw menyembunyikan. tp hati kecil hdk mnta muliakan itu riya masih ada diawak.
Dinamai lah riya yg kaya ini yaitu riya yg samar2.
dan tidak akan bisa sdlamat dr riya yg nyata dan samar2. kecuali org itu.
1. ma'rifat didirinya tdk ada kesah. kenal dirinya tdk ada kesah jd kenal didlm dirinya kesah org. jd ia melihat kesah AllH dlm dirinya.
dinamai riya iti dgn syirik khofi. krna umpat jua bekesah. krn Allah ta'ala sdh membersihi mereka yg ma'rifat drod syirik yg halus2 sekalipun.
dan Allah sdh menghilangkan dr pandangan mrka bhwa makhluk bs menilai. ini tdk ada dlm pandangan mrka. sama kdd minta puji wan sapapun. kuda wan manusia sama.
Nur keyakinan trhadap Allah itu satu. cerita didlm diri ini bukan cerita yg lain tp cerita Allah. nur itu adalah ilmu. akhirnya kdd lg mengharap pd makhluk spy diberi kebaikan. dan kdd rasa takutan. dri jihadx makhluk adanya dtg mudhorat. jd dpuji org iya. kda kada ai. kdd kesah.
oleh karena itu maulid amalan plg afdhol utk membersihi hati. krn maulid memuji Rasulullah.
maka amal ibadah yg mereka lakukan itu yg bujur ikhlas. mun masih merasa ada kisah sorang. ikhlas msh belum ada. iya yg gerunum2. yg beruntung org ikhlas. lrn org ikhlas ky sdh masuk sorga.
menerima dgn lapang dada krn hatinya ikhlas. santai ja. jd sskalipun mrka menggawi amal td. ditengah2 org byk beramal iya kd mnta puji. Allah bersihi hati mrka. Allah hilangkan mrka mnta ama manusia.
Komentar
Posting Komentar